10 Persiapan Ramadhan yang Harus Dipersiapkan 2019

Sebentar lagi datang bulan Ramadhan semoga kita semua bisa bertemu dan melaksanakan ibadah di bulan suci nanti. Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh semua umat Islam, siapa yang tidak gembira mendengar kata Ramadhan? Segala sesuatu positif yang dilakukan pada bulan suci ini sudah pasti dilipatgandakan dengan kebaikan, bulan dimana yang banyak dinantikan oleh semua kalangan. Bulan Ramadhan hidup berasa merdeka.

Ketika sedang tidur pulas-pulasnya dibangungin oleh emak, rasanya buat emosi. Yah pasti sobat kangen suasana sahur bareng keluarga, terutama bagi mahasiswa yang jauh dari keluarga, memont ini sangat dinantikan. Jika mendengar kata sahur berarti kita juga harus membahas buka puasa. Siapa coba yang tidak kangen suasana buka menyantap kolak, kurma, sirup bareng keluarga? Rasanya ingin menangis jika bernostalgia lama-lama.

Bukan masalah buka dan sahur ketika bulan ramadhan akan tetapi yang akan admin bahas yaitu cara mempersiapkan menjelang bullan ramadhan. Mumpung sebentar lagi karena semuanya tidak ada yang terlambat. Bagaimana cara mempersiapkannya. Ada banyak orang yang masih bertanya-tanya terntang masalah mempersiapkan bulan suci ini. Mungkin mereka bingung karena biasa tidak ada persiapan apapun. Nah, jika tidak dipersiapkan bukan tidak mungkin akan terjadi hal yang tidak baik. Maka dari itu ayolah dari sekarang mulai mempersiapkan.

Persiapan menjelang Bulan Ramadhan 2019


Masih banyak dari kita yang menganggap sepele untuk menyambut kedatang bulan ramadhan ini padahal orang lain pada berlomba-lomba untuk mempersiapkan. Karena satu bulan penuh kita ibadah maka dari sekarang harus segala dipersiapkan. Dan inilah 10 poin yang admin berikan untuk sobat siapkan menjelang bulan suci penuh ampunan.

1. Berdoa Supaya Diberikan Umur Panjang


Berdoa Supaya Diberikan Umur Panjang

Iya memang urusan umur tidak ada yang tahu karena sudah ditetapkan tentang masalah kematian. Apa salahnya mulai dari sekarang kita berdoa kepada Allah Subhanahuwata'ala untuk meminta supaya bisa berjumpa dengan bulan ramadhan, rasanya memang rugi jika tidak melaksanakan ibadah di bulan ini. Namun masih banyak yang menyia-nyiakan akan indahnya bulan ramadhan.

2. Melunasi Hutang Puasa (Qodo Puasa)

Buktinya ketika melaksanakan puasa di bulan ramadhan namun terhalang oleh Haid bagi kaum perempuan. Setelah satu pulan penuh mereka menjalani bulan ramadhan, nah untuk melunasi hutang puasa ini terkadang masih banyak yang masih malas. Mulai dari sekarang ayo segera lunasi. Namun apakah boleh jika sudah masuk bulan sya'ban? Coba tanya ke ustadz terdekat.

3. Mencari Ilmu Sekitar bulan Ramadhan

Mencari Ilmu Sekitar bulan Ramadhan

Seperti yang sudah dikatakan, karena bulan ini bulan kebaikan segala sesuatu yang dilakukan positif pasti akan mendapat berlipat-lipat kebaikan. Contohnya mencari ilmu, seperti mengikuti pasaran bagi santri, atau mengaji di rumah atau di mesjid. Lakukan saja kegiatan positif yang mungkin bermanfaat, jangan sia-siakan lagi ya. Soalnya bagaimana jika kita tidak dapat bertemu di ramadhan berikutnya.

4. Membeli Pakaian atau Perlengkapan Idul Fitri

Bagi yang sudah terbiasa membeli pakaian untuk perlengkapan ramadhan ini mungkin sudah lumrah. Namun beda lagi bagi yang tidak tahu, apa sih manfaat dan perbedaan jika membeli atau mempersiapkan menjelang puasa? Admin bantu jawab yah, salah satu faktor utama yaitu kenaikan harga. Nah jika membeli dari sekarang sobat bisa membelinya dengan harga standard. Beda lagi jika membelinya menjelang Idul Fitri (Lebaran) Kenaikan hargalah yang menjadi patokan utama para penjual. Harga bisa saja naik sekitar 10 kali lipat.

Ayo bagi sobat yang mempu bisa disegerakan untuk membeli peralatan untuk idul fitri seperti baju koko, kemeja, sandal, peci, sarung dan sebagainya.

Baca Juga:



5. Mencari Tahu Amalan di Bulan Ramdhan

Mencari Ilmu Sekitar bulan Ramadhan

Tidak bisa memang namun ada baiknya kita mencari tahu atau bertanya kepada yang mengerti. Apa saja amalan di bulan ramadhan, segala sesuatu yang diharapkan memang pahala untuk kita, namun jangan asal mencari amalan yah, kita harus tetap meminta pada guru atau yang mengerti.

Jika tidak ingin amalan ilmu atau sebagainya kita juga bisa kok beramal seperti bersodaqoh di bulan ramadhan, seperti memberi kepada tetangga. Pahala memberi makanan kepada yang berpuasa pahalanya sama dengan orang yang berpuasa. Belum yang lainnya, silakan tanyakan saja.

6. Menabung dari Sekarang

Jika dari sekarang sobat sudah ada rencana akan melaksanakan silaturahmi ke semua saudara atau kerabat yang lumayan jauh, ada bainya menabunglah dari sekarang tujuannya supaya pada hari idul fitri ketika berada di rumah saudara bisa memberikan ampau untuk anak-anak mereka. Bahagia rasanya jika menerima pemberian, berdasarkan pengalaman sejak kecil hehe.

Selain bisa memberi anak-anak manfaat menabung untuk tambahan membeli segala kebutuhan baru di hari idul fitri seperti membelikan baju untuk anak dan istri, atau jika punya saudara kita juga bisa memberikan THR (Tunjangan Hari Raya).

7. Membiasakan Puasa Sunah Untuk Pemanasan di bulan Ramadhan

Kita kan melaksanakan ibadah puasa itu sebulan penuh yaitu 30 hari umumnya, nah supaya pada bulan puasa tidak kaget ada baiknya melaksanakan puasa sunah, tujuannya agar terbiasa atau melatih jiwa kita. Manfaat puasa sunah sangat banyak dan sangat dianjurkan apalagi bagi lelaki yang tidak mampu menikah tapi ingin segera menikah, pala puasa sunah juga tentu besar.

8. Membangun Komunitas dengan Sahabat Lama

Sekarang sudah zamannya buka bersama atau reuni antar teman sekolah untuk melaksanakan buka bersama denga teman sekolah. Nah, supaya tidak shock atau kaget ketika bertemu mulailah dari sekarang untuk melakukan komunikasi di group whatsapp atau melaksanakan pertemuan antar komunitas. Yuk silaturahmi supaya lebih mempererat persaudaraan.

9. Rencanakan Mudih atau Pulang Kampung

Jauh dari keluarga sudah cukup sedih mendalam, sedih kenapa? sedih tidak bisa sahur dan buka bareng keluarga. Yah namanya anak rantau tidak kerja tidak makan. Sudah cukup kesedihan di bulan ramdhan saja kita lalui jangan sampai di hari raya juga tidak bisa pulang kampung. Maka dari sekarang rencanakan pulkan atau mudik ke kampung halan agar bisa kumpul bersama keluarga di kampung. Mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan seperti hadiah untuk orang di rumah, tanggal pulang dan rencana lainnya yang sangat penting untuk segera dirancang mulai saat ini.

10. Melakukan semua Kegiatan atau Deadline Besar

Agar bisa meminimalisir pekerjaan banyak di bulan ramadhan cobalah dari sekarang merencanakan segala tugas yang harus dikerjakan dari sekarang. Jangan biarkan di bulan ramadhan tersebut sobat full kerja. Karena masih banyak waktu penting untuk sobat gunakan seperti beribadah, membaca Al-Qur'an dan lainnya. Nah, kalau bisa bulan suci  ramadhan ini sobat tidak perlu lagi kerja fokuskan untuk beribadah saja.

Sepuluh poin di atas merupakan rangkuman yang admin kemas ketika menjelang bulan suci ramadhan. Mulailah dari sekarang melakukan kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu sobat sibuk dengan tugas atau pekerjaan maka di bulan yang akan datang sobat harus bisa lebih fokus lagi mejalani ibadah puasa.

Baca Juga: Kumpulan Lagu Religi Islami Khusus Bulan Ramadhan

Demikian postingan mengenai persiapan menjelang bulan ramadhan yang perlu atau wajib dilakukan dari sekarang. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan jasmani dan rohani, jaga diri kita baik-baik dari sekarang dan jagalah kesehatan supaya bisa bertemu dan melaksanakan ibadah di bulan ramadhan nanti. Semoga kita dapat bertemu di bulan ramadhan 2019 dan ramadhan 2020, 2021, 2022 dan seterusnya. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel