Skip to main content

follow us

Cara Menghemat Baterai pada Android Secara Efektif


Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif - Smartphone android di era kini merupakan suatu kebutuhan untuk semua manusia saat ini. Selain dijadikan alat komunikasi, smartphone ternyata memiliki beberapa fitur canggih lain yang bisa kita rasakan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Meskipun canggih ponsel yang Anda miliki pasti punya kekurangan di mana pengguna ponsel tidak bisa menggunakan Android secara ontime 24 jam.

Tapi, di sisi lain android memiliki kelemahan yang menyebalkan. Salah satunya adalah baterai android yang cepat habis. Saat-saat membutuhkan android, lalu baterai habis. Kita akan kesal,maka dari itu untuk mengantisipasi habisnya baterai android. Kali ini kami akan membagikan artikel tentang Cara Menghemat Baterai Android Secara Efektif.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet Ampuh 100%

Cara Menghemat dan Merawat Baterai Handphone (HP) Android

Menggunakan Mode Baterai Save
Biasanya, baterai saver modus ada untuk keadaan darurat yang mengerikan di mana Anda perlu mengcharger dan bertahan dalam baterai 10% atau lebih dari itu untuk bertahan beberapa jam. Cobalah gunakan baterai saver mode, dan inilah cara efektif menghemat baterai ponsel android.

Pembaruan Android

Dengan setiap versi baru Android, ada fitur baru dan lebih baik untuk pengoptimalan yang membuat baterai ponsel Anda bertahan lebih lama. Android Nougat, misalnya, dilengkapi dengan fitur tertidur 2.0 hemat. Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa Anda menjalankan sistem operasi terbaru.

Untuk melakukannya, cari ke pengaturan - tentang t elepon (atau perangkat) - pembaruan perangkat lunak. Anda akan dapat melihat apakah ada versi baru Anda dapat men-downloadya.

Menonaktifkan pemberitahuan

Menonaktifkan pemberitahuan pada android adalah salah satu cara untuk menghemat baterai android anda dengan efektif. Ya,menggunakan sistem getar dan silence. Android anda dengan mudah akan mengurangi baterai dengan sedikit. Selain itu,lampu layar LED pada android jangan terlalu cerah. Selain membuat amdroid menjadi boros baterai, tapi tak bagus juga untuk kesehatan mata. Dianjurkan untuk meredupkan layar android.

Mode Airplane

Aiprlane atau mode penerbangan,sangat cocok sekali anda terapkan untuk menghemat baterai android kesayangan anda. Karena selain untuk menghemat baterai android,mode penerbangan ini diaktifkan saat sedang berada di pesawat. Jika anda tak ingin mematikan android anda, gunakan saja mode penerbangan berikut ini untuk menghemat baterai android anda.

Matikan Wifi,GPS,Bluetooth dan Perangkat lainnya.

Android membuat aplikasi berbasis lokasi penduduk di latar belakang, dan konstan menguras baterai Anda akan menjadi cepat. Jika telepon Anda memiliki kekuatan kontrol widget, Anda dapat menggunakannya untuk cmenonaktifkan GPS (kekuatan drain terbesar), NFC, Wi-Fi, Bluetooth dan LTE. Pada Android, kemudian ketuk ikon di pojok kanan atas. Bagi anda yang tak memerlukan perangkat tadi, sebaiknya matikan saja bila tak digunakan.

Mengecilkan Kecerahan dan Mematikan Kontras otomatis.

Mengecilkan kecerahan dan mematikan kecerahan otomatis adalah salah satu cara menghemat baterai android. Nah,maka dari itu anda perlu memperhatikan layar kecerahan anda. Walaupun sepele, Anda wajib memperhatikan masalah kecerahan ini.

Beli Baterai Dengan Daya Tahan Lama dan Kuat

Baterai kuat dan memiliki daya tahan lama dapat melindungi smartphone Anda, dengan baterai yang kuat dan tahan lama yang dapat daya tahan. Anda dapat menemukan model yang kompatibel dengan populer Android telepon dari berbagai produsen, seperti Pak jus Mophie dan Incipio Offgrid baterai cadangan kasus (baik untuk Samsung Galaxy S4).

Hentikan Aplikasi Berjalan yang tidak Digunakan

Dari pengaturan > Apps, geser ke kiri; Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Tekan pada masing-masing untuk melihat apa yang mereka sedang lakukan; Anda dapat menghentikan setiap aplikasi yang Anda tidak perlu berjalan di latar belakang sepanjang waktu..

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai Android

Aplikasi penghemat baterai android termasuk salah satu cara untuk menghemat baterai android kesayangan kita. Dengan mendownload secara free, anda bisa langsung menggunakan fitur menghemat baterai android dengan mudah. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa anda download, tak harus semuanya. Anda hanya perlu memilih satu atau dua aplikasi penghemat baterai android.

1. Aplikasi Penghemat Baterai Android
2. Battery Doctor ( power Saver)
3. DU Battery Saver
4. Avast Battery Saver
5. 360 Battery Saver Plus
6. Power Clean (Optimize Cleaner)
7. Battery HD
8. Accu Battery

Segera Isi Baterai

Saat baterai smartphone anda lemah,saya sarankan agar segera di charge saat presentase baterai mencapai 10 atau 5% hindari mengisi daya saat presentase baterai mencapai 0% atau benar-benar habis.

Biasanya hal ini sering terjadi karna ke asyikan membuka sosial media atau bermain game sehingga membuat kita tidak sadar bahwa presentase baterai akan habis atau karna malas untuk mengisi  daya. Hal seperti ini justru mempunyai dampak buruk untuk kesehatan baterai smartphone  anda. Jika sedang mengisi baterai, sebaiknya jangan sambil dimainkan. Beberapa kasus sudah terjadi, mulai dari tangan kebakar karena kena android yang meledak, atau terlalu lama dicharger.

Beberapa cara menghemat baterai android terbaik, anda bisa menggunakan beberapa langkah-langkah diatas. Selain mudah dan aman, cara diatas sangatlah efektif. Agar baterai android awet dan tetap terjaga daya tahanya. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar