Contoh Surat Undangan Penyuluhan Posyandu Masyarakat +Cara Membuat

Contoh Surat Undangan Penyuluhan Posyandu Masyarakat +Cara Membuat

Contoh Surat Undangan Penyuluhan Posyandu Masyarakat +Cara Membuat

Biasa disingkat dengan kata Posyandu adalah kepanjangan dari Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu merupakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang memberikan tenaga medis melalui bantuan cek kesehatan, bantuan pemeriksaan dan lain-lain.

Layanan dan fungsi posyandu sendiri nampak terlihat sederhana karena memang kader dan anggotanya sendiri umumnya terdiri dari masyarakat setempat. Pada umumnya fungsi posyandu adalah menyelenggaran kesehatan untuk masyarakat bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Tujuan posyandu memang dikhususkan untuk kesehatan masyarakat. Aktivitas posyandu meliputi perbaikan gizi dan kesehatan, perkembangan anak dan pendidikan, ketahanan pangan keluarga, peningkatan ekonimi keluarga dan kesejahteraan sosial di masyarakat.

Jadi posyandu tidak hanya dituju pada kesehatan saja, namun juga mewujudkan ketahanan pangan lokal di dusun atau desa dan mensejahterakan kehidupan sosial.

Kriteria posyandu dapat dibagi dalam beberapa tingkatan sesuai dengan kualitas pelayanan. Program yang sudah ditetapkan setiap tahunnya dan peralatan yang dipakai oleh anggota posyandu.  Tingkatan posyandu dapat dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu:
  1. Posyandu Purnama warna hijau, pada tingkat purnama hijau adalah Posyandu yang frekuensinya lebih dari 8 kali pertahun dan jumlah kader tugas 5 orang atau bisa juga lebih
  2. Pratama (merah), tingkat pratama adalah posyandu yang masih belum mantap
  3. Madya (kuning), pada tingkat madtya sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali pertahun
  4. Mandiri (biru), ini berarti sudah dapat melakukan kegiatan secara teratur, cakupan 5 program utama
Baca juga: Jenis Berkas yang wajib di-scan untuk melamar melalui Online

Bagi anggota posyandu tidak perlu lagi untik khawatir jika mau mengundang masyarakat pada acara yang akan digelar. Karena blogaziz akan memberikan contoh cara membuat undangan posyandu yang baik dan benar beserta isinya.

Cara membuat undangan program posyandu baik dan benar


Contoh Surat Undangan Posyandu Penyuluhan Kesehatan Masyarakat
Posyandu Padarincang, Serang-Banten dok. Tahun 2015
Menulis surat undangan posyandu untuk masyarakat terbilang cukup gampang karena pada dasarnya sama saja menggunakan kop dan diketik menggunakan aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word, jadi penulisan hampir sama seperti surat dinas lainnya.

Step ke-1.  Buka Ms word, Buka lembar baru di MS word, buat file baru. Atur jarak magrin surat sesuai keinginan misal 3-2-2-2. Gunakan space 1.5 beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Untuk ukuran font gunakan 12 dan jenis font pilih Times new roman atau arial bisa juga calibri

Step ke-2. Membuat header atau kepala surat. Bagian kop surat merupakan bagian paling atas yang berisi logo posyandu, nama dan alamat posyandu berada.

Step ke-3. Membuat nomor surat, perihal, tempat, tanggal dan tujuan surat. Bagian ini terletak setelah kop surat. Buatlah dengan jelas mengenai nomor surat, perihal acara posyandu, tanggal, tempat dan waktu penyelenggaraan.

Step ke-4. Mengisi isi surat, yang termasuk kata pendahuluan diawali dengan salam, memberikan penjelasan singkat mengenai detail dan teknis acara. Mulai dari dari hari, tanggal, waktu dan tempat diselenggarakan.

Berikan paragraf penutup dengan ucapan terima kasih, kalimat berisi harapan kedatangan yang diundang dan diakhiri dengan salam.

Step ke-5. Membuat TTD pihak penanggung jawab. Setiap acara formal tentunya memiliki pihak penanggung jawab, seratakann TTD penanggung jawab pada surat misalnya pihak terkait atau bisa pihak-pihak terkait. Kemudian berikan tanda tangan dan diakhiri dengan stempel basah.

Step ke-6. Membuat tembusan surat, meski surat ini formal kehadirannya bisa dikatakan optional (tidak/iya tidak masalah). Tembusan hanya digunakan jika memang memerlukannya.

Tembusan adalah penyebutan pada surat terhadap pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas penulisannya juga wajib menggunakan standard bahasa baku.

Contoh Undangan Posyandu Penyuluhan / Sosialisasi Kesehatan Masyarakat

Nah jika sobat tidak punya banyak waktu untuk membuat surat undangan posyandu, blogaziz sudah menyediakan surat dalam bentuk format .doc dan bisa diedit kembali untuk diprint out. Edit dan sesuaikan kata-katanya kemudian print dan lakukan salinan menggunakan fotocopy.

Sobat bisa download undangan posyandu dengan cara komentar di bawah, nanti akan admin kirim.

Catatan

Gunakan alamat email untuk mengunduh surat di atas, sobat akan diarahkan ke Google Drive dan langsung bisa mengunduh.

BACA JUGA: Cara Mengurus Surat Keterangan Domisili Sementara Bagi Mahasiswa Perantauan

Demikian pembahasan mengenai cara membuat surat undangan posyandu baik dan benar. Semoga bermanfaat dan membantu pihak kesehatan dan makin semangat dalam bertugas. Jangan lupa share ke sosial media sobat juga supaya yang lain juga bisa terbantu.
Buka Komentar