10 Dokumen Wajib untuk Melamar Pekerjaan 2019

Halo sobat kembali lagi bersama admin yang akan membahas Dokumen apa saja sih yang wajib untuk melamar pekerjaan di tahun 2019 dan bagaimana cara membuatnya? Ditulis atau dicetak mana yang lebih baik. Tujuannya supaya lamaran kita bisa dihargai oleh staf perusahaan / HRD. Nah bagi sobat yang ingin membuat lamaran pekerjaan ada baiknya jangan asal membuat coba sobat simak baik-baik agar lamaran kerja sobat bisa diterima.

Bagi sobat yang baru saja lulus dari perguruan tinggi atau tingkat SMA/SMK pasti lagi gencar-gencarnya membuat lamaran untuk melamar di sebuah perusahaan yang sebelumnya didambakan. Oleh karena itu sobat mesti tahu persyaratan apa saja yang wajib dilengkapi untuk memenuhi prosedur rekrutmen calon karyawan baru, karena sobat masih awal dan masih status calon jadi perusahaan akan melihat calon karyawannya dari isi lamaran tersebut.

Untuk membuat lamaran kerja memang mudah semua orang bisa membuatnya. Tapi kalau asal membuat asal jadi semuanya juga tentu bisa. Lalu apa kesalahan kita ketika membuat lamaran kerja? Kesalahan kecil seperti menulis lamaran kerja ada beberapa karakter yang salah kemudian kita tidak memperhatikan, ini bisa jadi ditolaknya kita dari perusahaan.

BACA JUGA: Cara membuat kartu kuning online untuk melamar kerja

Lalu bagaimana cara membuat lamaran kerja yang benar dokumen apa saja yang wajib dipersiapkan untuk mengajukan lamaran. Di bawah ini adalah dokumen wajib untuk mengisi map lamaran sobat berikut cara membuatnya dengan baik dan benar.

Daftar Dokumen Persiapan Lamaran Kerja


Dokumen untuk melamar kerja

Jika nanti lamaran sobat sudah jadi untuk mengantarkan ke perusahaan sobat juga harus mengenkan pakaian formal. Ini akan menjadi penilaian perusahaan terhadap sobat dan juga terkesan sopan di hadapan staf perusahaan. Lalu apa saja jenis dokumen wajib untuk melamar pekerjaan.

1. Surat Lamaran Kerja

Salah satu dokumen yang wajib adalah surat lamaran kerja. Diketik kemudian dicetak atau ditulis? Admin pribadi lebih memilih diketik lalu mencetaknya karena lebih terlihat rapi bukan hanya itu ketika membacanya juga ada energi positif ketimbang ditulis.

Tapi admin tidak mewajibkan hanya saja supaya terlihat rapi. Jika sobat ingin mengetiknya gunakan Microsoft word, gunakan margin 4-3-3-3, ukuran font 12, jenis font Times new roman, spasi 1 atau 1.5 tergantung selera pembaca. Karena dengan mengetik kemudian mencatak lamaran kerja mampu meningkatkan profesionalisme di mata perusahaan.

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae

CV atau riwayat hidup adalah dokumen kedua setelah surat lamaran kerja. CV adalah kertas yang menceritakan riwayat atau pengalaman sobat tentang pendidikan dan aspek prestasi. Jika sobat masih freah graduate silakan isi dengan jujur.

Untuk mengisinya silakan tulis dengan tangan menggunakan pulpen. Tata dengan rapi riwayatmu ke dalam CV. Agar terlihat mengesankan pilih template yang berbeda dari yang lain.

3. Resume Lamaran Kerja

Resume Lamaran Kerja hampir mirip dengan CV yaitu mengisi riwayat juga. Namun sobat harus bisa membedakan dan mengisinya tidak sama dengan CV. Resume Lamaran tersebut silakan sobat isi dengan keterampilan yang sobat miliki, kualifikasi serta pendidikan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sobat minati.

4. Surat Keterangan Pengalaman Kerja

SKPK ini hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang sudah bekerja sesuai jatah kontrak. Jadi setelah karyawan diberhentikan atau resign (mengundurkan diri) maka langkah utama meminta surat pengalaman kerja ini.

Surat pengalaman kerja berguna untuk kamu gunakan jika ingin melamar kerja di perusahaan. Jadi nanti sobat bisa mengisi surat keterangan pengalaman kerja. Untuk membuat surat ini lebih baik diketik dan ditanda tangani oleh pihak perusahaan lama.

5. Surat Keterangan Sehat (KIR Dokter)

Surat keterangan kesehatan bisa sobat dapatkan di rumah sakit atau puskesmas bisa juga klinik. Setelah sobat memeriksa kesehatan jasmani dan terbukti tidak ada kelainan penyakit maka pihak dokter akan memberikan surat keterangan sehat. Surat Keterangan Sehat dibuat dengan cara diketik dan dicetak. Surat ini resmi jadi tidak sembarang orang bisa memilikinya.

6. Surat Keterangan Bebas Narkoba

Sama seperti surat keterangan kesehatan surat ini juga bisa sobat dapatkan dari dokter setelah melakukan tes urine dan terbukti bebas dari narkoba dan sejenisnya. Surat ini dibuat dengan cara diketik dan dicetak.

7. Surat Pernyataan belum Nikah

Untuk masuk ke perusahaan terkadang kita terbelit dengan persyaratan akan tetapi jika kita mengikuti prosedur dan syarat maka akan mudah juga diterima. Contohnya saja surat keterangan belum menikah. Karena perusahaan menginginkan karyawan yang bekerja berstatus single jadi sobat harus membuat bukti pernyataan berupa surat ini. Sobat bisa membuatnya cara membuat surat pernyataan belum menikah.

8. Surat Perjanjian Kontrak dengan Perusahaan

Surat ini berisi perjanjian kita dengan perusahaan selama masa kontrak. Berupa poin-poin apa saja yang harus dilakukan ketika bekerja di perusahaan tersebut. Seperti sudah melakukan kontrak dan kita tiba-tiba berhenti bekerja tanpa laporan ke perusahaan maka yang terjadi kita akan terkena denda atau hukum.
Surat ini dibuat dengan cara dicetak dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

9. Surat Pernyataan tidak Tersangkut Hukum

Surat resmi mengenai surat keterangan tidak terkait hukum apapun. Perusahaan mewajibkan karyawan yang bekerja tidak pernah terkena hukum. Surat ini dibuat dengan cara diketik kemudian dicetak.

10. Paper atau Artikel

Terakhir adalah paper atau artikel. Terkadang perusahan meminta paper untuk memecahkan masalah melalui studi kasus. Dengan memecahkan masalah maka perusahaan akan mengetahui kemampuan calon karyawannya. Pada umumnya surat ini dibuat dengan cara diketik dan dicetak melalui printer.

Kesimpulan

Kita sering mengabaikan dokumen penting di atas padahal pihak perusahaan sangat membutuhkan dokumen tersebut. Karena untuk membuktikan bahwa kita calon karyawannya benar-benar niat untuk bekerja. Kebanyakan asal membuat dan pada akhirnya tidak dapat panggilan. Masukkan semua dokumen di atas ke dalam Map.

Sepuluh Dokumen di atas hanya tambahan untuk melengkapi persyaratan lamaran kerja, lebih baik dibuat daripada hanya persyaratan pada umumnya saja. Kesempatan sobat diterima di perusahaan sangat memungkinkan diterima.

Dengan membaca postingan dokumen wajib untuk melamar pekerjaan semoga kita bisa lebih baik lagi untuk memperbaiki isi lamaran kerja kita. Karena pihak perusahaan menerima karyawannya bukan dari kemampuan saja akan tetapi mereka juga melihat dari isi kelengkapan dokumen yang tidak mereka duka juga. Jika persyaratan lengkap dan terpenuhi bahkan bisa membuat mereka penasaran besar kemungkinan kita akan dipanggil untuk mengikuti tes interview sebelum bekerja di perusahaan terkait.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel