Cara Membahagiakan Orang Tua (Ibu dan Ayah) tanpa Prestasi

Cara membahagiakan ibu dan ayah adalah tujuan anak, segala cara akan anak lakukan untuk membalas jasa kepada orang tua. Namun, ibu dan ayah tidak pernah menuntut sesuatu di luar kemampuan anaknya. Oleh karena itu admin blogaziz akan memberikan beberapa tips supaya orang tua bangga dengan kita walau tanpa prestasi. Bagaimana membuat mereka bangga dengan kemampuan kita yang apa adanya?

Tidak ada yang bisa menduga bahwa peran orang tua sangatlah berharga bagi kita. Buktinya bisa besar dan hebat sampai sekarang, itu semua berkat orang tua kita. Yang tadinya tidak tahu bisa paham dan mengerti, jadi hampir seluruh peran orang tua adalah untuk kita. Nah, jadi sudah sepantasnya kita membalas peran orang tua, artinya buatlah ibu dan ayah merasa bangga dengan kita walau tanpa prestasi.

Jika kita renungkan perjuangan orang tua itu sangatlah besar tidak bisa dibalas dengan apapun. Sebelum kita lahir ibu dan ayah sudah mempersiapkan dan setelah lahirpun tetap mengurus, diberi asupan makanan, diberikan pendidikan, diajarkan segala hal dan semua yang kita tahu itu adalah peran orang tua, dan yang kita miliki adalah hasil dari do'a orang tua.

Terkadang kita menganggap bahwa materi dan harta bisa membalas pengorbanan kita kepada orang tua. Sebenarnya bukan itu yang beliau inginkan, ibu dan ayah semata-mata hanya ingin anak-anaknya ada di saat waktu luang dan bisa kumpul bersama.

Baca Juga: Tahapan Supaya Anak Cepat Bisa Jalan

Kita bisa melihat berita di media banyak anak-anak yang dibuang oleh orang tuanya, dititipkan, atau terlantar dan sebagainya. Kita semestinya banyak bersyukur masih mempunyai kedua orang tua.

Semoga kita selalu bisa menjaga hati orang tua terutama ibu, peran ibu sangatlah pesat terhadap kita. Jadib, buatlah mereka bahagia dengan cara apapun. Setelah membaca sedikit ulasan mengenai orang tua lalu bagaimana cara membahagiakan orang tua tanpa prestasi?

Cara Membahagiakan Orang tua (Ibu dan Ayah) Tanpa Prestasi


Cara membahagiakan ibu dan ayah tanpa prestasi
Ilustrasi Bahagia Orang Tua terhadap Anak :)

Sebelumnya kita harus mengetahui definisi standard bahagia dan prestasi itu sendiri. Pertanyaan sederhana namun sulit terealisasi. Jika mendefinisikan dengan nilai besar dan peringkat di sekolah atau kampus, maka admin rasa bukanlah itu yang dimaksud. Karena setiap prestasi dan passion tergantung dengan kemampuan diri kita masing-masing, semua tidak sama jangan pernah buat anak seperti orang lain.

Nah begitu juga dengan kebahagiaan. Jika seorang anak bisa memberikan prestasi dan membuat orang tua bangga seperti anak tidak membebani masalah, memberikan sesuatu yang dapat membanggakan kedua orang tua, mengharumkan nama keluarga, sekolah, kampus dan negara. Sepertinya sudah lebih dari cukup untuk membuat hati orang tua bahagia. Namun tidak seperti itu.

Balik lagi ke definisi bahagia, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu sifat orang tua terhadap kita. Apakah orang tua kita tipe penuntut atau Flexible terhadap kemampuan yang kita miliki saat ini.

Sudah jelas jika orang tua kita seorang penuntut maka kita harus bisa membahagiakan seperti berprestasi di sekolah atau di kampus. Jika sudah dewasa seperti bekerja dan memberikan sebagian untuk orang tua. Namun jangan jadikan masalah meskipun orang tua kita menuntut untuk meminta kepada kita, lakukan sepert yang kita bisa asal jangan pernah berlebihan.

Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki kemampuan? Itu tidak mungkin, karena setiap anak pasti punya skill dan passion yang berbeda. Pada tahap ini kamu akan merasa putus asa atau malas karena orang tua tidak mengharapkan pada skill yang kamu miliki.

Misal kamu suka dengan olahraga namun orang tua lebih memilih anaknya untuk bekerja di perusahaan. Di sini kamu pasti tidak merasa bisa memberikan kebahagiaan pada ibu dan ayah. Sebenarnya kamu bisa membahagiakan asal kamu bisa membicarakan kepada orang tua secara baik-baik. Tentukan keinginanmu dan buatlah mereka yakin.

Prestasi anak pada orang tua tidak dinilai dari penghargaan, harta, tahta dan sebagainya namun sikap dan perilaku kita terhadap orang tua yang membuat ibu dan ayah bahagia. Seperti tidak melakukan hal kejahatan, tidak mencoreng nama keluarga, melakukan tindakan hukum dan lain-lain.

Prestasi juga bisa berupa bisa berkumpul setiap hari dengan keluarga, membuat mereka tersenyum dalam canda. Bercerita pada orang tua juga lumayan membuat mereka bangga dengan kita. Berikan hadiah pada orang tua, perhatian kepada keluarga, baik pada adik-adik, dan hal positif yang mungkin sepele di mata orang lain. Lakukan saja sesuai dengan kemampuan kita.

Ini adalah beberapa poin kecil yang harus kamu ketahui untuk membahagiakan kedua orang tua. Tanpa prestasi sekalipun kita masih bisa membuat mereka bahagia kok, silakan baca dan amalkan.

  1. Memberikan surprise berupa hadiah (tidak selalu mewah), tidak hanya pada momen spesial saja seperti hari Ibu, hari ayah, ultah, ultah pernikahan, namun juga kapan kamu punya uang dan punya kelebihan materi maka disitulah kamu harus memberikannya
  2. Bangun pagi dan menyapa kedua orangtua dengan senyuman
  3. Jangan pernah membantah, sekalipun kamu merasa benar, maka kamu cukup membicarakannya dengan baik-baik tanpa dengan nada tinggi atau dengan amarah
  4. Mewakili orang tua dalam beberapa hal supaya mereka bisa istirahat
  5. Bagi kalian yang hidup merantau, menelepon orang tua sesering mungkin adalah bentuk dari perhatian yang tidak ternilai harganya
  6. Menjadi anak yang taat beribadah dan mengerti dengan nilai-nilai agama
  7. Berbicara lembut dan tidak membantah keduanya
Kesimpulan

Kita bisa memetik dari poin di atas, sumber kebahagiaan orang tua terhadap kita sebenarnya bukan dinilai dari prestasi dan karier yang sukses saja. Dimulai dari hal kecil dan positif pasti dapat membuat orang tua senang. Tunjukan kasih sayang dan perhatian kita pada ibu khususnya supaya mereka bahagia.

Dan bagi orang tua juga harus bisa memahami anak, jangan paksa anak untuk bisa seperti orang lain karena kebanyakan orang tua menuntut anaknya untuk bekerja dan menjadikan anaknya seperti robot. Justru itu tindakan yang salah.


Itulah sedikit pembahasan mengenai cara membahagiakan ayah dan ibu tanpa prestasi dan karier yang sukses. Membahagiakan orang tua adalah kewajiban bagi setiap anak, segala cara akan anak lakukan asal orang tua bagaimana. Definisi membahagiakan orang tua yaitu tidak menyakiti hati orang tua dan selalu berbakti terhdap kedua orang tua.

Jangan lupa untuk share postingan ini ke sosial media pastikan teman-teman kalian membaca postingan ini supaya mereka juga dapat membahagiakan orang tuanya walau tanpa prestasi. Terima kasih semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel